Tag

, , , , ,

Di saat Tarif Dasar Listrik terus meningkat sementara kebutuhan air untuk keperluan keluarga harus tetap mencukupi. Harus ada cara cerdas mengatasi problem tersebut. Menghemat itu bukanlah menjadikan sesuatu menjadi sedikit.

Jangan sampai karena alasan menghemat listrik anda membuat suasana rumah anda menjadi gelap dan kemudian air di bak selalu kosong tanpa isi, atau menjual kulkas, mesin cuci dan lain sebagainya.

Cara simple menghemat listrik rumah tangga anda antara lain dapat dilakukan tips singkat dan sederhana berikut ini :

  1. Mengganti lampu neon listrik dengan Lampu Led. Daya yang ditarik dari lampu led sangatlah kecil, berbeda dengan lampu TL neon atau lampu biasa. Sehingga dengan mengganti semua lampu dengan yang LED penerangan tetap terang sedang tagihan listrik masih bisa relatif ringan.
  2. Cabutlah semua colokan dari stop kontak bila tidak dipakai. Ketika anda meninggalkan colokan carger HP, Laptop, kipas angin, TV, dan lain sebagainya saat tidak dipakai sebenarnya masih menarik daya listrik. Oleh sebab itu dengan mencabut semuanya maka akan menghemat daya listrik dalam satu bulan lumayan banyak juga.
  3. Sediakan toren penampungan air yang mencukupi kebutuhan rumah tangga anda. Mesin penyedot air sangat besar menarik daya listrik, apalagi saat dinyalakan. Bila rumah anda tidak menggunakan toren air sudah dipastikan sering menghidup nyalakan saklar sanyo tersebut. Sedang ketika menghidupkan mesin air tersebut daya yang ditarik cukup sangat besar. Dengan solusi penampungan air / toren akan menghemat listrik rumah tangga anda.
  4. Gantilah semua perlengkapan rumah seperti Televisi, Mesin Cuci, Penanak Air, Kulkas dan semacamnya dengan perabot rumah tangga hemat listrik. Saat ini telah banyak TV lCD yang hemat listrik, Air conditioner / AC, begitu juga kulkas, dan juga mesin cuci yang diproduksi khusus untuk rumah tangga kecil.

Demikian cara singkat dan sederhana menghemat listrik rumah tangga anda, sehingga dengan begitu tagihan listrik setiap bulan baik yang token maupun yang pasca bayar tidak akan besar membayarnya.

Semoga bermanfaat